Faktor faktor yang mempengaruhi keputusan berwisata



Annyeong haseyo chingu semua.......

Apa kabar!!

1. Faktor intern maupun ekstern.

      Beberapa faktor yang mempengaruhi keputusan seseorang untuk berwisata harus dianalisa untuk menentukan bobot masing - masing yang seimbang dengan tolak ukur yang ditetapkan. Faktor - faktor yang mempengaruhi kedatangan wisatawan:

   A. Irrasional (dorongan dari bawah sadar)
   
      1. Lingkup pergaulan dan ikatan keluarga
      2. Tingkah laku prestise
      3. Tiruan dan mode
      4. Pengagum pribadi
      5. Perasaan - perasaan keagamaan
      6. Hubungan masyarakat dan promosi pariwisata
      7. Iklan dan penyebaran informasi pariwisata
      8. Kondisi ekonomi

   B. Rasional ( dorongan yang disadari)
     
      1. Sumber - sumber wisata
      2. Fasilitas wisata
      3. Kondisi lingkungan masyarakat setempat terhadap                    orang asing.
      4. Susunan kependudukan
      5. Situasi politik
      6. Keadaan geografis

2. Aspek sapta pesona pariwisata dalam pengembangan.              pariwisata.

       Faktor - faktor utama yang menentukan kualitas keberadaan obyek wisata banyak menciptakan aspek positif terhadap pengembangan pariwisata yang berkelanjutan.

    1. Indah, keindahan obyek daya tarik wisata yang                          mampu memberikan daya tarik khusus dari aspek                    kondisi alam.
    2. Aman, jaminan keamanan dan kenyamanan berwisata :          terbentuknya privasi individu maupun kelompok,                      tegaknya disiplin.
    3. Tertib, infrastruktur yang terkelola dengan baik                        petunjuk yang jelas , tanda - tanda larangan.
    4. Bersih, kondisi nyata lingkungan dan keberadaan   .                  fasilitas sarana.
    5. Sejuk, suasana dan atmosfer lingkungan yang dapat                  dinikmati.
    6. Ramah, sikap dan perilaku SDM pariwisata sebagai.                  pengelola dalam memberikan pelayanan.
    7. Kenangan, salah satu amenities yang berupa souvenir,            cidera mata, yang diharapkan mampu memberikan.                  sentuhan hati wisatawan.

3. Contoh Aplikasi pelaksanan sapta pesona.

     1. Di Ambon passport tamu ditahan.
     2. Lingkungan yang baik.
     3. Penerapan tertib.
     4. Lingkungan yang sejuk.
     5. Penataan Renstra Tourism Map tidak tertib.
     6. Kenangan.

4. Beberapa hal utama dalam pengembangan destinasi.                pariwisata.

    A. Sustainable competitive growth:
         Mengembangkan destinasi kompetitif dengan.                             memperhatikan setiap hal trend.
    B. Intergrated Tourism Ecosystem:
         Menciptakan inovasi produk dan memberikan.                           pelayanan yang berkualitas.
    C. Government support - industry led:
         1. Fasilitas pengembangan daya tarik wisata di.                               destinasi.
         2. Peningkatan kapasitas pemberdayaan masyarakat.
         3. Tata kelola destinasi DMO ( Destination Management.               Organization ).
         4. Promosi pariwisata potensial.
         5. Perencanaan pengembangan budaya daerah.
         6. Kompetensi dan sertifikasi usaha dan produk wisata.

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Pengenalan virus